Sebenernya Apa Sih Pentingnya Ospek?

2 comments


Ospek atau orientasi untuk peserta didik baru akhir-akhir ini rame dibicarain. Sebenernya kalau ospek uda rame mau dibicarain gini, bagi saya yang menyandang gelar mahasiswa tua jadi lebih ketar ketir. Kenapa? Karena bakalan punya adek tingkat lagi, makin terpinggirkan dan harus buru-buru cabut dari kampus.

Kebanyakan temen-temen kita pada ngeluh tentang ospek yang gini gini gitu, ospek jurusan gini gini, belum lagi kalo kita masuk UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) juga ada kegiatan ospeknya tersendiri. Tapi sebenernya, menurut saya ospek model yang sering diberitain itu di media udah nggak keren lagi. Kegiatan ospek yang seperti itu malah bikin citra kampus jadi jelek loh, serius. Masa iya, ada calon adek tingkatmu yang masih seger lulus SMA, dengan penuh harapan pengen masuk kampus favorit dia dan belajar disana, kemudian setelah masuk kita tega banget ngerjain mereka. Ospek itu tujuannya kan untuk mengenalkan kegiatan kampus, misalkan model perkuliahan seperti apa, durasi perkuliahan, tata tertib perkuliahan, mengenal dosen kita di kampus, berbagai layanan yang disediakan di kampus. Masa iya setelah ospek, mahasiswa baru jadi gagap teknologi karena nggak bisa ngisi rencana studi online di portal kampus. Lucu kan?

Tapi ya itu, mungkin karena uda nancep dipikiran mahasiswa baru bahwa ospek itu nyebelin. Mereka jadi males dan ogah-ogahan, that's why kakak-kakak seniornya jadi beringas pengen ngasih hukuman ini itu kalo ga disiplin melaksanakan perintah. Padahal panitianya juga kadang nggak disiplin kok. Jatuhnya ya sama aja.

Selain itu, ospek seharusnya diisi hal-hal yang mendukung kegiatan perkuliahan nanti, misal kalo waktu perkuliahan bakal banyak banget tugas suruh cari jurnal, nah biasanya pas ospek ini kakak senior ngenalin kita akan tugas itu, dengan diberi tugas suruh review jurnal. Tapi ada yang aneh, disuruh tugas nyari jurnal eh nyarinya ke Google, masih mending kalo nyari di Google Scholar. Bagusnya sih, adek-adek mahasiswa baru diajak berkenalan dengan situs jurnal internasional. Biar mereka familiar gitu.

Masih banyak lagi kok kegiatan yang lebih bermanfaat di kegiatan ospek, kalau dari saya nih, dulu kami dibagi beberapa kelompok, tiap kelompok bawa taneman sama rumput, itu akhirnya dipake buat kerja bakti bikin taman kampus. sekarang taman kampus saya udah ciamik. Kalo lewat rumput yang kita tanemin waktu ospek dulu ya bakal nyeletuk "Eh itu rumput yang kita tanem itu, ya?"

Nah gitu, harusnya yaaa ospek emang bener-bener diisi dengan hal yang manfaat dan berkesan. Udah ga jaman banget model ospek pake kekerasan atau atribut nano-nano (bikin malu). Sekarang jamannya ospek bikin mahasiswa baru lebih semangat dan ngga sabar buat nyicipin gimana kuliah di kampus kita, bukannya ngga sabar melewati ospek ini karena kegiatannya yang nyebelin.


Image credit: republika.co.id

2 komentar:

  1. penting jus,,, buat habisin dana anggaran kampus (organisasi) dan nyari tender "kecil-kecilan". hahaha

    BalasHapus
  2. Sy paling anti dengan ospek konvensional dan masih saja dipertahankan sampai sekarang. Bentuk contoh ketidakkreatifan mahasiswa!

    Ospek hrs nya diisi explore kampus dg hal menyenangkan, buat ssuatu yg akn dikenang disaat sdh jd alumni. Itu bru bnr, sambil membiasakan maba dg kegiatan kampus, liat mhswa yg sdg nunggu dosen buat bimbingan skripsi, yg lg seminar.

    Bukan dijemur, bentak sana sini yg gk jls juntrungannya.

    Semoga mahasiswa jaman now lbh kreatif otaknya, gak seperti mahasiswa angkatan sy dlu, yg "sumbu pendek".
    Untungnya sy bagian org yg "kabur" saat ospek.

    BalasHapus