Dumb is Never Cute, You Can Do More!

14 comments
Emma Watson via justjared.com

Masih inget enggak dengan pernyataan salah seorang "tokoh" yang bilang bahwa wanita yang kuat, mandiri dan enggak bergantung yang lain itu bikin lelaki jarang yang mau karena looks serem? Pernyataan yang menurut gue bikin geregetan. Pernyataan yang akhirnya memicu banyak pihak debat karenanya.

Terus, untuk menjadi seutuhnya “wanita” apakah seperti itu? Apakah menjadi wanita harus emyeh-emyeh lemah, dikit-dikit minta bantuan, angkat galon enggak bisa (atau enggak mau), enggak bisa (atau enggak mau) terkena sinar matahari yang menyengat dan lain sebagainya. Dan lagi, apakah menjadi “wanita” seutuhnya baca bukunya harus melulu tentang Wanita yang Dirindukan Surga, Istri yang Berbakti, dan enggak mau melek terhadap dunia teknologi, sains, ekonomi, politik. Gitu ya?

Di berbagai film juga sering banget digambarkan wanita masih menyandang gelar kudate. Contohnya saja salah satu adegan di film X-Men Days of Future Past ketika Raven bertemu dengan salah satu prajurit dari Vietnam. Ketika mereka berada di kamar, Raven bertanya tentang agenda pertemuan di Prancis, dan si lelaki tersebut menjawab “Wanita cantik, berminat dengan politik? Waw.”

Di tulisan gue sebelumnya, gue sudah membahas bagaimana kesalahan pihak laki-laki berlaku kepada para wanita. Tapi, sekarang gue akan membahas kenapa wanita juga tetep enggak bisa (mostly) mencapai cita-cita besar yang diinginkan.

Salah satunya, adalah ketakutan wanita akan dicap serem atau kolot kalau mereka looks lebih “pintar”  atau lebih "kaya" daripada laki-laki. Gue pernah denger obrolan seorang cowok yang bilang, “Lah, kalau pacar gue bawa Fortuner, dan gue cuma bawa motor, ya gue balik kanan. Ya gengsi lah”. Lah kok gitu mas? Terus juga ada yang pernah bilang bahwa laki-laki itu ingin merasa selalu dibutuhkan. Kondisi semacam ini yang membuat cewek jadi manja. “Mas anterin ke mall ya”, “Mas, aku enggak bisa formatin dokumenku nih, bisa bantuin?”, “Mas aku jemput pake mobil ya, panas banget ini aku enggak bisa panas-panas”. Selain itu, gue juga geregetan ketika ada cowok yang bilang, “Lah, kalau bisa sih cari istri jangan pinter-pinter banget, ntar kalau mau tidur, jangan-jangan tar dikasih teori banyak-banyak, enggak jadi tidur gue”. Lah mas, kan bisa diskusi loh kayak gitu, memperdalam ilmu juga, malah asik enggak sih, diskusi sampe larut malem tanpa takut digrebek orang-orang, karena diskusi sama pasangan sendiri?

Oh, c’mon! Dumb is never cute. Lo punya hak untuk meraih semua cita-cita lo, entah lo cewek atau cowok, lo anak orang kaya atau bukan. Dan bagi lo cewek, tetaplah smart, and strong. Tetaplah belajar dan belajar. Jadi cewek smart itu sama sekali enggak salah kok. And it will make you beautiful! Seperti gambar yang diupload Cara Delevingne di akun Instagramnya :





14 komentar:

  1. Hi Justina, aku setuju sama tulisan kamu yang ini bahwa wanita juga perlu meraih kesuksesan dan untuk laki-laki kayaknya nggak perlu gengsi deh kalau sekarang jamannya wanita itu tangguh-tangguh nggak melulu lemah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup!! Lakik ga perlu gengsi kalo cewe itu mandiri dan tangguh, gitu ya.. kenapa mikirnya ga malah bisa kolaborasi gitu ya haha

      Hapus
  2. Opini "cewek yang lebih mandiri, pinter, dan kuat itu serem, susah dideketinnya" aku sendiri ngerasain, J, hahaha. Karena terbiasa ngapa-ngapainnya sendiri, cowok jadi gengsi duluan. Tapi kan, tetep aja cewek pun membutuhkan cowok, ya buat sharing. Dan aku sih, ngerasa harus lebih tau diri dengan nggak merepotkan cowok dengan permintaan ini-itu. Selama bisa dilakukan sendiri, kenapa harus merepotkan orang lain? Tapi kadang nyatanya masih banyak yang menganggap, "ah si cewek ini mah, nggak butuh lelaki, kelewat mandiri." Lah, begitu... wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emm cewek sama cowok memang saling membutuhkan kok Kak, tapi ya, kalau kita yang cewek sendiri bisa melakukan sesuatu ya why not gitu lho. Yah semoga makin banyak laki yang menganggap Mandiri is The New Sexy gitu ya kak wkwk aamiin!

      Hapus
  3. Seperti biasa, setiap paragraf di postingan kamu bikin ngangguk-ngangguk dan kagum. Iya, Jus. Kesel juga sama pemikiran yang salah tentang cewek gitu ya. Dan jaman sekarang cowok masih aja punya gengsi yang tinggi. Huhu.

    Sekarang juga makin banyak kan film-film barat yang pake tokoh utama cewek, dengan karakter survivor. Katnis The Hunger Games dan Tris Divergent misalnya. Aku sebagai cewek juga suka sama cewek yang punya banyak wawasan luas. Enak diajak ngobrol. Dan aku punya keyakinan kalau cewek dengan wawasan luas, itu kelihatan lebih menarik dan seksi daripada cewek yang hooh hooh aja kalau diajak ngobrol. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, aku ngefans sama Cara Delevingne. Dia contoh cewek yang tangguh menurutku. Selain jadi model juga dia bisa akting, nge-beatbox, nyanyi. Dia bakal main di Suicide Squad kan, Jus? HUAAAAA PENGEN NONTOOON. *malah ngomongin film*

      Hapus
    2. wakaakaka makasih ichaaaa :D
      hehe kadang kesel cewek digituin, tapi kadang kesel juga kenapa cewek juga nggak mau push her self to the next level gitu.
      Wah kalau tentang film impor yang sekarang sudah banyak main characternya cewek, coba icha nonton video Ted dari Colin Stokes cha. bagus!! Di video Ted tsb, Colin menjelaskan bagaimana perbedaan film yang main chara nya cewek, sama cowok.

      iya chaaa... Cara itu kerens awsem banget gilak! wkwkwk iya dia bakal main di Suicide Squad ko :D

      Hapus
  4. kami mungkin bisa jadi contoh "kolaborasi" nih.. mangga di cek.. duakebo.blogspot.com
    eh, pengen tau deh komentar cowok-cowok gengsian dari tulisan keren ini..

    BalasHapus
  5. Gue gak mikir gitu kok.. tapi yg hampir dipikirin kebanyakan laki2, yg "cewek lebih kayak dari cowok", itu sering juga gue pikirin. Gak tau knpa sih.

    Minder mungkin.

    Tapi, seutuhnya, bagus dong kalo cewek banyak bisanya. Ehehe.

    BalasHapus
  6. Btw, cowok lemah itu emang gak pantes jalan sama cewek kuat.

    Aku bisa kok jadi man with bigger hands-nya Mbak..

    Lah~

    BalasHapus
  7. ada idolaque, mbak cara delivery akkkk. . .


    “Lah, kalau pacar gue bawa Fortuner, dan gue cuma bawa motor, ya gue balik kanan. Ya gengsi lah”.

    ya wajar aja sih, toh tetep kodrat laki-laki adalah menafkahi, kalo si wanita "lebih" dari yg laki ya mesti minder tapi seharusnya si laki juga kudu buktiin kalau dia juga bisa "lebih" dari si wanita


    eh, ada pelangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh begitu ya kalo dari sudut pandang laki-laki. tapi mengapa enggak kolaborasi aja nih? hhe

      Hapus