What makes a hero?

Leave a Comment


When you feel like hope is gone, look inside you and be strong. And you'll finally see the truth. That a hero lies in you. – Mariah Carrey


Video dari Ted.ed What Makes A Hero , ini mendeskripsikan apa itu hero dan gimana jadi hero, versi Joseph Campbell yang bagus banget buat kita simak dan pelajari. Jadi gini nih, Joseph Campbell meneliti semua myth diseluruh penjuru dunia, dan ternyata seorang pahlawan itu memiliki pola yang sama yang disebut dengan Hero's Journey sebagai berikut.

1. Call to adventure
Setiap kesempatan atau tantangan yang ada, ambil. Jangan ditolak. Dengan menerima tantangan, sama aja uda berangkat ke sebuah petualangan baru.

2. Assistance
Namanya juga petualangan baru, kita kudu punya seorang mentor yang sesuai dengan petualangan baru kamu. Misal nih, kita pengen masuk universitas X, ya kudu belajar sama orang yang udah keterima dan ngerti banget gimana caranya lolos seleksi ke universitas X.

3. Departure
 Udah ada petualangan baru, udah ada mentor, saatnya tancap gas dan berangkat! Berangkat ke TKP aka Tempat Kejadian Petualangan baru.

4. Trials
Dalam melakukan sesuatu tantangan, kecil kemungkinan kalo langsung berhasil. Namanya juga belajar, fase uji coba kudu dijalanin. Hal ini berguna untuk mengukur udah seberapa kuat kemampuan kita. Misal nih, ikut try out bejibun buat cari tau seberapa siap diri kitauntuk ujian masuk universitas. Atau masih inget film Hunger Games? Nah, disini kan juga ada try out versi Capitol dengan score untuk masing-masing tribute dimana Katniss Everdeen bisa dapet score 11 dari skala 1-10. Outstanding banget ya haha.

5. Approach

Time to face the biggest part on your adventure. Permainan dimulai, brace yourself ! Kalau di film Hunger Games, fase ini ditandai dengan masuknya tribute ke area permainan.

6. Crisis

Nah disini mulai masuk puncak. Bakalan ada yang gagal, bertahan untuk tetep berjuang, atau quit dari perjuangan

7. Treasure

Hap! seorang hero bangkit dari fase crisis ! mungkin kalo diibaratkan ultraman, uda ada notifikasi kedip-kedip di dadanya ya hehe

8. Result

Mission has complited! Petualangan selesai, “monster” telah kita taklukkan.

9. Return

Come back to our life. Kembali ke dunia sebelum petualangan, dan memulai hidup baru dengan cara yang baru.

11. Resolution

Setelah kembali, kita akan terbiasa dengan cara baru untuk menjalani kehidupan kita selanjutnya.

13. Mulai lagi dari awal

Take a challenge again karena hidup masih berlangsung. Start the journey again.


Gimana? Udah siap kan buat jadi hero?

image source : thehungergames.wikia.com

0 komentar:

Posting Komentar