Alan Rickman Has Gone, But Severus Stay Alive

7 comments

Severus Snape via moviepilot.co



"The mind is a complex and many-layered thing, Potter... or at least, most minds are..." -Severus Snape


Aktor Alan Rickman, dikabarkan meninggal pada tanggal 14 Januari 2016 lalu. Alan Rickman meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya. Aktor berkebangsaan Inggris ini menghembuskan nafas terakhirnya pada usia yang ke 69 tahun.

Alan Rickman telah membintangi sejumlah film, diantaranya adalah Die Hard, Robin Hood, serta bermain sebagai Rasputin, dalam film Rasputin. Peran Alan sebagai Rasputin mengantarkan Alan meraih piala Golden Globe, Emmy Awards dan Screen Actors Guild Award. Nama Alan Rickman semakin melekat pada penikmat film melalui perannya sebagai Severus Snape di Film Harry Potter.

Btw, siapa sih yang nggak kenal Severus Snape? Profesor dengan rambut sebahu dan berminyak, raut muka datar, serta nada bicara yang penuh sarkas, apalagi pada siswa dari asrama Gryffindor seperti Harry Potter dkk.

Severus Snape adalah salah satu profesor yang ada di Hogwarts, School of Witchcraft and Wizardry, tempat Harry Potter dan kawan-kawan menimba ilmu. Nah di film Harry Potter ini, Severus Snape emang keliatan banget berperan antagonis, apalagi dengan fakta bahwa dia dahulu berasal dari asrama Slytherin serta menjadi Kepala Asrama Slytherin ketika Harry Potter bersekolah. Emang sih, dari kecil kita selalu disuguhi cuma 2 hal, kalau dia nggak baik, berarti dia jahat. Nah, karena Severus Snape selalu kelihatan melindungi Draco Malfoy dan kawan kawan, kita jadi selalu berpikiran bahwa Snape adalah jahat banget.

Severus Snape sering terlihat membenci Harry Potter dan anak-anak asrama Gryffindor yang lain. Apalagi di film Harry Potter and the Half Blood Prince, terdapat adegan Severus Snape membunuh Profesor Albus Dumbledore, seorang guru serta figur yang sangat dekat dan disayangi Harry Potter. Selain itu, Severus Snape juga aktif pada kelompok Death Eater atau Pelahap Maut, kelompok pengikut Lord Voldemort.

Namun di buku maupun film Harry Potter The Deathly Hallows, semua rahasia Severus Snape terungkap. IMHO, waktu baca novelnya yang ketujuh ini, jadi berkaca-kaca banget. Diceritakan ketika akhir hidupnya, Severus Snape menyerahkan cairan Pensieve miliknya dan mempersilahkan Harry Potter untuk melihatnya.

Di novel ke tujuh dari seri Harry Potter ini sepertinya JK Rowling mempersilakan pembaca dan penikmat film Harry Potter untuk melihat sisi lain dibalik karakter Severus Snape. Mulai dari film Harry Potter yang pertama ketika ada Professor Quirrell yang mengajar mata pelajaran Ramuan, yang ternyata dia adalah salah satu antek Voldemort. Dalam seri pertama tersebut ketika Pertandingan Quidditch terlihat Harry Potter sedang kesusahan karena “dimanterai”. Dugaan pertama kita adalah Snape yang memanterai, namun ternyata pelakunya adalah Profesor Quirrell. Profesor yang dikenal berkelakuan "baik" di mata Harry Potter. Dan tak terhitung lagi kasih sayang Snape untuk Harry Potter, karena Snape sangat menyayangi Lily Potter, ibu dari Harry Potter, dan berjanji untuk melindungi Harry Potter.

Kita dapat belajar banyak dari karakter Severus Snape di film ini. Salah satunya, kita tidak dapat menilai seseorang dari satu aspek saja. Seseorang yang terlihat menyebalkan, boleh jadi dia adalah orang yang baik. Berlaku pula sebaliknya. Seperti Snape yang terlihat sangat membenci Harry Potter, namun faktanya dia selalu melindungi Harry Potter sampai akhir hidupnya. Like an old man said, dont judge a book by its cover.



7 komentar:

  1. Aku sebagai penikmat harrypotter abal-abal *belum nonton 2 episode terakhir* masih menganggap kalau snape itu jahat :' setelah baca postingan ini jadi tau. ternyata dia baik ya :( RIP ALAN RICKMAN :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, rahasianya ada di seri terakhir film Harry Potter. Bener-bener nggak nyangka ya :)

      Hapus
  2. Dia karakter yang aku benci sehabis-habisnya setelah seri akhir HP yang seolah meluluh-lantahkan hati yang berakhir dengan teramat mencintainya. tapi dia udah gak adaaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak :( . Speechless banget setelah tahu kalau Snape itu ternyata selalu melindungi Harry Potter

      Hapus
  3. Wah iya njus. Gue nonton dari awal sampe ke 7. Emang yg paling bikin berkaca-kaca pas profesor snape ngebunuh albus dumbledore :( harry potter keliatan banget kehilangan. Terus yg pas snape ngasih cairan utk diliat sama harry juga itu bikin kaget dan beneran enggak nyangka kalo snape sebaik itu. Unch unch banget :( jadi mau nonton ulang lagi. Wakakakak.

    BalasHapus